Posted by : Unknown 14 Jul 2014



Keramik berasal dari bahasa Yunani "keramos", yang artinya adalah sesuatu
yang dibakar. Pada mulanya diproduksi dari mineral lempung yang dikeringkan di
bawah sinar matahari dan dikeraskan dengan pembakaran pada temperatur tinggi. (Joelianingsih,Makalah Pribadi Falsafah Sains (2004).
Keramik adalah suatu bahan organik bukan metal tahan pada suhu tinggi, karena titik lelehnya (melting point) diatas 2000C.(Astuti,1997). Keramik sangat berkembang didalam kebutuhan pesat khusunya dibidang industry. Produk-produk keramik telah banyak digunakan didalam kebutuhan rumah tangga, industry, elektornika dan sebagainya. Namun banyak tantangan yang harus dihadapi untuk memenuhi kebutuhan industri keramik tersebut. Ketersediaan bahan baku tersebut yang menjadi masalah dalam kebutuhan-kebutuhan diatas.

Di daerah kecamatan Porsea, pada saat ini ada industri yang mengolah bentonit menjadi batu bata dengan cara sederhana. Di daerah yang berdekatan ada juga industri pengolahan bubur kertas oleh PT TPL Porsea. Limbah yang dihasilkan industri, ini mengakibatkan masalah bagi lingkungan di kawawan industri ini salah satunya, lingkungan air.
Hasil pengamatan limbah-limbah ini adalah sisa-sisa olahan bahan setelah beberapa kali proses dan hasilnya dalam bentuk padat yang disebut Grit, Dreg dan Biosludge.
·         Grit yakni limbah yang berasal dari proses recoustisizing dan tidak bereaksi antara green liquoer dan kapur tohor dimana kandungan utamanya adalah pasir yang mengandung hidroksida.
·         Dreg merupakan limbah endapan dari green liquoer yakni smelt yang dilarutkan dengan weak wash dari lime mud washer. Kandungan silica dan karbon residu organic yang tidak sempat terbakar dalam boiler.
·         Biosludge merupakan limbah dari proses pembuatan pulp yang berupa campuran dari endapan limbah cair. Proses primary dan secondary yang kandungan utamanya selulosa dan bakteri mati. Selain itu bahan ini juga kaya akan karbon karena tidak bereaksi.
Berdasarkan pengamatan diatas peneliti ingin merekayasa pemaanfaatan limbah padat pulp menjadi suatu material yang mempunyai nilai harga, dan tidak dibuang sia-sia. Penulis ingin membuat keramik dari bahan baku bentonit dengan bahan pengisi limbah padat pulp dan ingin melihat struktur kristal dari keramik tersebut.

Untuk lebih lengkapnya silahkan download filenya DISINI

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

KC'12

KC'12

Blogroll

Total Tayangan Halaman

Islamic Calender

<a href=http://www.tutorialblogspot.com/></a>
Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Pages

Blogger templates

Popular Posts

Copyright © I'm an Engineer -Black Rock Shooter- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan