Posted by : Unknown 14 Jul 2014



Polimer merupakan makro molekul besar yang dibangun oleh pengulangan kesatuan kimia yang kecil (monomernya) yang berakibat umumnya molekul polimer memiliki massa molekul yang relative besar. Akhir-akhir ini perkembangan industri tentang pemanfaatan teknologi polimer sangat pesat sekali. Polimer memiliki banyak kegunaan dan manfaat yang luar biasa dalam kehidupan.

Polimer dikelompokkan menjadi dua yaitu, polimer alam dan polimer sintetis. Polimer alam atau dikenal dengan biopolimer dihasilkan dari diturunkan dari sumber daya alam yang dapat diperbaharui, dapat diuraikan dan tidak menghasilkan racun, sedangkan polimer sintetis lebih biasa dikenal sebagai plastik, seperti polietilena dan nilon. Polimer alam dan polimer sintetis didapatkan dengan cara pembentukan dari monomer-monomer yang bersangkutan melalui reaksi polimerisasi.


Ilmu tentang polimer sangat luas dan tidak dapat dibatasi pengembangan nya, tetapi ilmu dasar polimer harus diketahui terlebih dahulu agar lebih mudah dalam mengembangkan ilmu-ilmu polimer. Polimer adalah salah satu cabang ilmu yang dipelajari dalam kimia organik baik terlibat dalam reaksi pembentukan dan pemberian tata nama. 

Saat ini, polimer sangat diproduksi secara besar-besaran sehingga era kehidupan manusia saat ini merupakan era polimer. Polimer alam yang dahulu banyak digunakan sekarang beralih kepada polimer sintetis. Pengembangan ilmu polimer didasarkan pada sifat-sifat dari polimer tersebut. Sehingga saat ini, jenis polimer yang sedang dikembangkan adalah polimer yang memiliki sifat bidegradable. Dengan mempelajari lebih dalam lagi mengenai polimer maka kita dapat menggunakan ilmu polimer untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.                       

Dalam makalah ini akan memaparkan gambaran secara umum tentang polimer yaitu mengenai sifat polimer, tata cara penamaan polimer, struktur polimer, reaksi pembentukan polimer, serta kegunaan dari polimer tersebut. 

Untuk lebih lengkapnya silahkan download filenya DISINI

{ 1 komentar... read them below or add one }

KC'12

KC'12

Blogroll

Total Tayangan Halaman

Islamic Calender

<a href=http://www.tutorialblogspot.com/></a>
Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Pages

Blogger templates

Popular Posts

Copyright © I'm an Engineer -Black Rock Shooter- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan